Blog Kesehatan

Jurnalkesehatanku.blogspot.com

Manfaat Kunyit Yang Luar Biasa Bagi Kesehatan

Siapa orang yang tidak tahu kunyit, rempah-rempah yang sangat melimpah di indonesia, Bahkan Banyak sekali orang yang menggunakan kunyit sebagai obat-obatan herbal tradisional, memang selain untuk bumbu masakan kunyit juga mempunyai manfaat untuk kesehatan kita.

http://images.jurnal.asia/2014/02/kunyit.jpg


Kunyit juga bisa digunakan untuk sebagai anti septik, anti kejang, dan juga dapat mengurangi pembengkakan selaput lendir mulut. biasa nya kunyit ini dikonsumsi dengan berbentuk perasan atau juga disebut filtrat.

Kali ini saya akan memberikan infromasi tentang Manfaat Kunyit Yang Luar Biasa Bagi Kesehatan, oke langsung saja kita simak ulasan nya :

1. Pencegah Kanker
Kunyit mempunyai kandungan antioksidan kurkumin dimana zat ini dapat mencegah kerusakan dan juga mutasi sel yang diakibatkan oleh radikal bebas. kandungin kurkumin ini juga mempunyai kemampuan untuk menghambat perumbuhan kanker terutama kanker usus, kanker perut, kanker payudara, kanker kulit, dan juga kanker paru-paru.

2. Anti Peradangan
Kunyit mempunyai kandungan minyak volatile yang telah menunjukan aktivitas anti-inflamasi yang cukup signifikan, bahkan kandungan nya lebih kuat dari minyak atsiri, hal ini karena pigmen kuning dari kunyit yang disebut juga curcumin. Curcumin ini juga dianggap sebagai agen farmakologis dalam kunyit. Berbeda dengan obat-obatan yang berhubungan dengan efek toksin yang cukup signifikan.

3. Mengobati Tifus
Kunyit juga mampu untuk mengobati penyakit tifus, untuk cara penggunaan nya yaitu siapkan 2 rimpang kunyit, 1 lembar daun sambiloto, dan juga 1 bonggol sere, kemudian tumbuk semua bahan nya sampai halus, lalu tambahkan segelas air hangat kemudian saring, setelah itu minumlah ramuan tersebut dengan rutin hingga hasil yang maksimal.

4. Dapat Melancarkan Pencenaan
Kandungan kurkumin yang ada pada kunyit dapat membantu proses pencernaan dan juga mengurangi gejala lambung. Tetapi hati-hati bagi anda yang menderita penyakit kandung empedu disarankan untuk tidak mengkonsumsi kunyit sebagai suplemen karena dikhawatirkan kondisi anda semakin buruk.

5. Mampu Mencegah Keputihan
Kunyit memang dipercaya mampu mencegah keputihan dan banyak juga orang yang menggunakan kunyit sebagai pencegah keputihan.
Cara penggunaan nya yaitu siapkan 2 ruas kunyit , sepotong gula aren, 1 genggam daun beluntas, dan juga satu gagang asam, kemudian bersihkan bahan-bahan tersebut lalu rebus semua bahan tadi secara bersamaan hingga air mendidih setelah itu saring bahan dan minum air nya secara rutin  yaitu satu gelas per hari untuk hasil yang maksimal.

6. Obat Maag
Kandungan herbal dalam kunyit cukup efektif untuk mencegah dan juga memperbaiki luka pada lambung, konsumsi kunyit untuk obat sakit maag dilakukan dengan mengambil sari pati airnya, untuk cara penggunaan nya yaitu, ambil beberapa ruas kunyit lalu cuci hingga bersih dan kupas kulitnya kemudia parut dan peras air nya lalu tambahkan 1 gelas air setelah itu minum lah perasan kunyit tersebut secara rutin 2 kali sehari sebelum sarapn dan sebelum tidur.

7. Mengatasi Gatal
Khasiat kunyit juga dapat digunakan untuk mengtasi gatal, cara penggunaan nya yaitu, siapkan 1 ruas kunyit lalu bersihkan kemudian parut, lalu ambil biji cengekeh kemudian tumbuk setelah itu campurkan parutan kunyit dengan tumbukan biji cengkeh dan bunga melati, kemudian remas-remas campuran tadi lalu balurkan pada tubuh yang gatal.

8. Mencegah Panas Dalam
Untuk menggunakan kunyit sebagai pencegah panas dalam yaitu ambil 1 kunyit lalu bersihkan sampai tidak ada lagi kotoran yang menempel kemudia parut hingga kunyit mempunyai bagian-bagian kecil, ambil gula merah lalu potong secukupnya kemudian campurkan dengan parutan kunyit tadi menggunakan air panas lalu aduk hingga mengental kemudian saring setelah itu minum lah hangat-hangat.

9. Dapat Mencegah Anemia
Kurangnya zat besi akan menimbulkan anemia, kunyit adalah salah satu cara untuk mencegah anemia karena kunyit mengandung zat besi. Zat besi ini merupakan komponen yang cukup penting untuk pembentukan sel darah merah sehingga dengan mengkonsumsi kunyit mampu mencegah anemia.

10. Menyembuhkan  Luka
Kunyit juga bermanfaat untuk menyembuhkan luka, dikarenakan kunyit mempunyai kandungan anti-septik dan juga anti-bakteri sehingga kunyit baik digunakan untuk menyembuhkan luka bakar dan juga luka biasa.

Itulah sedikit informasi tentang Manfaat Kunyit Yang Sangat Luar Biasa Bagi Kesehatan yang bisa sampaikan semoga bermanfaat bagi kita semua..
Baca juga : Kenali 10 Tanda Awal Hamil Muda

9 Responses to "Manfaat Kunyit Yang Luar Biasa Bagi Kesehatan"

  1. makasih gan untuk infonya semoga selalu bertambah sukses

    ReplyDelete
  2. sengangat terus ngeblognya mazz..

    ReplyDelete
  3. Kabar Baik Untuk Para pencinta Game
    Karena di Bulan januari ini Sudah keluar Game RPG Online Terpopuler Se-Asia
    Penasarankan Game nya Seperti apa???
    Kalian bisa dilihat game nya dari link di bawah yaaa

    ReplyDelete
  4. makasih gan buat infonya dan semoga bermanfaat

    ReplyDelete
  5. keren mas buat infonya dan salam sukses selalu

    ReplyDelete
  6. ok mantap sob buat infonya dan salam kenal

    ReplyDelete
  7. Menarik sekali, perlu saya coba ini..
    kebetulan lagi cara tentang hal ini.

    ReplyDelete
  8. Mau mendapatkan pelayanan yang baik dan ramah???

    Modal Kecil bisa mendapatkan hasil yg luar biasa...

    ReplyDelete
  9. semoga sukses terus gan buat usahanya

    ReplyDelete

Terimakasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar

Powered by Blogger.

Entri Populer

wdcfawqafwef