Blog Kesehatan

Jurnalkesehatanku.blogspot.com

8 Tips Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

Ginjal adalah organ tubuh yang sangat penting peranan nya bagi kehidupan manusia, organ tubuh yang terletak di bagian belakang perut atau abdomen. Posisi nya terletak pada bagian kanan dan kiri tulang belakang dibawah organ hati dan limpa. Ginjal kita ini mempunyai berat sekitar 0,45 % dari seluruh berat badan kita.



Fungsi ginjal sendiri adalah salah satu organ yang sangat berguna bagi kita karena ginjal dapat menyetabilkan zat kimia yang ada dalam darah dan menjaga sirkulasi darah supaya darah tetap dalam kondisi yang bersih, dengan cara menghilangkan atau membuang sisa-sisa metabolisme dan cairan yang berlebih pada tubuh, apabila  fungsi ginjal ini terganggu maka sisa-sisa metabolisme dalam  tubuh kita tidak bisa di keluarkan dan akan menjadi racun pada tubuh kita.



Apabila ginjal kita terawat sehat dan berfungsi secara optimal, maka ginjal akan bekerja dengan baik dan sisa-sisa metabolisme yang bisa menjadi racun akan dapat di keluarkan dari dalam tubuh kita sehingga tubuh kita pun menjadi tetap sehat.

Kali  ini saya akan memberikan sedikit tips-tips menjaga kesehatan ginjal agar tetap sehat:

1. MENJAGA TEKANAN DARAH
Apabila tekanan darah kita tinggi maka itu dapat mengakibatkan kerusakan pada tubuh karena dapat menyebabkan organ jantung bekerja lebih keras dari pada biasa nya dan dapat menyebabkan kerusakan pembuluh darah. Jika pembuluh darah rusak maka akan mengganggu kinerja ginjal.

2. PERBANYAK MINUM AIR PUTIH
Konsumsi lah air putih yang cukup setiap hari agar ginjal bisa bekerja dengan baik, dengan minum air putih yang cukup setiap hari maka kerja ginjal akan lebih baik.

3. JANGAN MEROKOK
Merokok dapat mengganggu fungsi ginjal, karena aliran darah menuju organ tubuh akan menjadi sedikit lebih lambat, maka se bisa mungkin hindari kebiasaan anda yang suka merokok, Apabila sudah mengidap penyakit ginjal maka fungsi ginjal akan semakin buruk.

4. JAGA MAKANAN DAN MINUMAN
Anda wajib untuk menjaga apa yang anda makan sehingga ginjal tetap berfungsi dengan baik. Makanan yang perlu dihindari adalah jangan terlalu banyak mengkonsumsi garam, protein hewani, gula dan minuman yang perlu anda hindari adalah alkohol, soda, dan minuman energi yang mempunyai kalori tinggi, makanan dan minuman tersebut jika di konsumsi berlebihan dapat merusak ginjal dalam jangka panjang.

5. OLAHRAGA TERATUR
olahraga  memang penting untuk kita karena dengan olahraga akan meminimalkan kita terserang penyakit, pada saat olahraga kita akan banyak mengeluarkan keringat sehingga akan sering meminum air putih.

6. MENJAGA GULA DARAH
Gula darah juga harus kita jaga supaya tidak membuat fungsi ginjal terhambat. Gula darah harus selalu kita kontrol sebab apabila gula darah terlalu tinggi akan mengakibatkan ginjal menyaring terlalu banyak darah, jika terus menerus akan menurunkan kinerja ginjal.

7. TES MEDIS
Jika anda sudah berusia lebih dari 30 tahun maka lakukan tes medis dengan rutin, anda bisa konsultasi kepada dokter tentang riwayat kesehatan bahwa ginjal anda tetap sehat.

8. KONTROL DIET ANDA
Untuk mengontrol diet anda maka disarankan anda untuk tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung pengawet, jika di konsumsi dalam jangka panjang akan menimbulkan masalah pada kesehatan ginjal.

Sekian informasi tentang 8 Tips cara menjaga kesehatan ginjal , bagi anda yang menginginkan ginjal yang sehat maka ikutilah tips-tips diatas mulailah untuk hidup sehat agar ginjal   kita berfungsi dengan baik.
Semoga Bermanfaat...

Baca juga 7 Gejala Usus Buntu Yang Perlu Diketahui Disini

0 Response to "8 Tips Cara Menjaga Kesehatan Ginjal"

Post a Comment

Terimakasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar

Powered by Blogger.

Entri Populer

wdcfawqafwef