Blog Kesehatan

Jurnalkesehatanku.blogspot.com

Manfaat Bawang Putih Untuk Tubuh Manusia

http://sharingdisana.com/wp-content/uploads/2014/05/cantik-dengan-bawang-putih.jpg


Bawang putih memang memiliki banyak sekali khasiat untuk tubuh kita, bumbu dapur ini sudah terkenal di seluruh dunia sebagai obat herbal alami. Bawang putih ini mengandung banyak kandungan yang sangat berguna untuk kesehatan manusia.

Tapi terkadang orang-orang tidak suka mengkonsumsinya secara langsung karena aromanya yang cukup menyengat jadi orang-orang mengkonsumsinya dengan cara menjadikannya bumbu masakan agar tidak terlalu menyengat ketika dikonsumsi.

Kali ini saya akan memberikan sedikit informasi tentang Manfaat Bawang Putih bagi tubuh kita, oke langsung saja kita simak ulasannya secara bersama-sama :

1. Mampu Menurunkan Darah Tekanan Tinggi
Bawang putih memang sudah teruji khasiat dan manfaatnya salah satu manfaatnya adalah untuk menurunkkan tekanan darah tinggi, berbagai riset telah mengeluarkan fakta jika bawang putih memang baik untuk menuurunkan tekanan darah tinggi sekitar 7 -8%. Bahkan bawang putih ini mampu menurunkkan tekanan darah pada orang yang normal.

2. Mampu Menurunkan Kolesterol Jahat (LDL)
Selain untuk Menurunkan Darah Tinggi bawang putih juga mampu menurunkan kolesterol jahat. Bawang putih ini mampu memangkas kolesterol jahat dalam tubuh secara signifikan. berbagai riset telah membuktikan bahwa bawang putih mampu memangkas kolesterol jahat sebanyak sekitar 10 - 15%. Tidak peru khawatir walaupun bawang putih mampu untuk menurunkan kolesterol jahat, namun tidak akan begitu berarti bagi kolesterol baik sehingga tubuh kita akan tetap sehat.

3. Dapat Menurunkan Berat Badan
Dari berbagai riset sudah menemukan bahawa zat anti inflamsi yang terkandung dalam bawang putih mampu mengatur sel lemak yang terbentuk pada tubuh kita. Obesitas terjadi saat lemak terus menerus menumpuk. Bawang putih mempunyai kandungan Vinyldithiin yang mampu untuk menghambat terjadinya proses inflamasi yang tentunya bagus untuk mencegah berat badan.

4. Ampuh Menghilangkan Sakit Gigi
Bawang putih memang bermanfaat ketika kita dalam keadaan terdesak saat tidak ada obat untuk sakit gigi. Sakit gigi biasanya diakibatkan oleh bakteri-bakteri yang bersarang pada gigi dan mulut, sifat anti-virus  yang terkandung pada bawang putih dapat membunuh dan juga menghilangkan bakteri penyebab sakit gigi.

5. Meningkatkan Metabolisme Zat Besi
Berbagai riset terkini menunjukan bahwa bawang putih sangat ampuh dalam memboost metabolisme zat besi. Sel pada tubuh kita dapat menyimpan zat besi, aktivitas selanjutnya yaitu memindahkan sel dan kembali dalam sirkulasi tubuh yang pasti membutuhkan protein yang bernama ferroportin. Ferroportin merupakan protein yang berjalan melintasi membran sel lalu menyediakan jembatan untuk zat besi agar dapat jalan untuk meninggalkan sel. Bawang putih mampu meningkatkan produksi protein sehingga dapat membantu untuk menjaga zat besi yang beredar pada tubuh agar sesuai dengan keinginan.

6. Kaya Nutrisi Dan Rendah Kalori
Bawang putih adalah salah satu herbal yang mempunyai kandungan nutrisi yang begitu baik dan dibutuhkan oleh tubuh kita. Bawang putih ini memliki kandungan vitamin C, zat besi, dan kalsium yang sangat tinggi. Nutrisi yang ada dalam kandungan bawang putih ini sangat berguna untuk tubuh kita, tetapi bawang putih tidak mengandung zat atau nutrisi yang berbahaya bagi tubuh.

7. Mencegah Dimensia Dan Alzheimer
Kerusakan syaraf yang diakibatkana oleh radikal bebas sangat berperan pada proses penuaan dini. Bawang putih mempunyai kandungan antioksidan yang mendukung mekanisme perlindungan tubuh pada kerusakan oksidatif. Bawang putih sudah terbukti mampu meningkatkan enzim antioksidan pada tubuh dan secara signifikan mengurangi stress.

Selain ke-7 poin diatas masih banyak sekali manfaat lain yang terkandung dalam bawang putih diantaranya :

  • Menghambat kemerosotan otak dan sistem kekebalan tubuh
  • Mampu menghambat proses penuaan
  • Mampu mengurangi terkena penyakit kanker
  • Mampu mencegah penggumpalan darah
  • Meringankan tukak lambung
  • Meningkatkan insulin darah untuk penderita diabetes
  • Mampu menambah nafsu makan
  • Mampu menghilangkan jerawat
  • Mampu menyuburkan rambut
  • Mampu menyembuhkan sariawan
  • Mampu mengatasi penyakit kulit
  • Mampu mencegah dan mengobati flu
  • Mampu menyembuhkan luka
  • Menjaga stamina tubuh agar tetap fit
  • Bermanfaat sebagai penawar racun
Itulah sedikit informasi tentang Manfaat Bawang Putih Untuk Tubuh Manusia yang dapat saya sampaikan semoga bermaanfaat bagi kita semua..

0 Response to "Manfaat Bawang Putih Untuk Tubuh Manusia"

Post a Comment

Terimakasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar

Powered by Blogger.

Entri Populer

wdcfawqafwef