Blog Kesehatan

Jurnalkesehatanku.blogspot.com

Beberapa Manfaat Daun Sirih Yang Cetar Membahana

Manfaat Daun Sirih - Daun sirih atau dalam bahasa latinnya Piper Betle adalah tanaman asli yang berasal dari Indonesia yang tumbuh dengan cara merambat pada batang pohon lain. Daun sirih juga dapat mencapai ketinggian 15 meter. Sedangkan warna batang daun sirih sendiri yaitu warna coklat agak kehijau-hijauan dan beruas serta berbentuk bulat dan tempat keluarnya akar, sedangkan bentuk daun sirihnya sendiri yaitu berbentuk seperti jantung dan ujungnya runcing.

Manfaat Daun Sirih
Manfaat Daun Sirih


Daun sirih mempunyai zat atau senyawa yang mampu untuk membasmi kuman dan juga bersifat antioksidan serta antifungsi, Pada zaman dahulu nenek moyang kita sering memanfaatkan daun sirih sebagai tanaman yang wajib setiap harinya, karena pada saat itu nenek moyang kita sering mengunyah daun sirih setiap hari.

Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan

Kali ini saya akan memberikan informasi tenntang Manfaat Daun Sirih untuk kesehatan tubuh kita, oke langsung saja kita simak ulasannya bersama-sama, Berikut Ulasannya :

1. Melancarkan Buang Air Kecil
Manfaat Daun Sirih yang pertama adalah melancarkan buang air kecil, Daun sirih bersifat diuretik yang dapat bermanfaat untuk melancarkan buang air kecil. Apabila anda mengalami susah buang air kecil, maka anda bisa mencoba menggunakan daun sirih untuk mengobatinya dengan cara membuat jus daun sirih. Caranya yaitu dengan mencampurkan jus daun sirih dengan susu dn juga madu, lalu minum satu minggu sekali.

2. Mengobati Mimisan
Apabila anda sering mengalami mimisan atau pendarahan pada bagian hidung ada baiknya anda menggunakan daun sirih untuk menghentikan pendarahan tersebut. Caranya yaitu dengan mengambil 1 lembar daun sirih yang agak muda, lalu lumatkan, gulung sambil menekannya hingga mengeluarkan minyak, setelah itu anda dapat menggunakannya untuk menutup atau menyumbat hidung hingga tidak mengeluarkan darah lagi.

3. Mengobati Kanker
Ternyata daun sirih juga bermanfaat untuk mengobati kanker, anda dapat menggunakan daun sirih untuk mengobati kanker dengan cara mengambil beberapa lembar daun sirih, lalu rebus daun sirih hingga airnya berkurang sampai 1/4 bagian, kemudian ambil rebusan daun sirih itu, lalu campurkan dengan madu, setelah itu minumlah secara rutin yaitu 3 kali sehari pada saat masih hangat.

 4. Mengatasi Diare
Diare yaitu penyakit yang cukup mengganggu aktivitas sehari-hari kita karena kita dibuat bolak-balik kamar mandi olehnya, Apabila anda sedang mengalami diare anda bisa mencoba mengatasinya dengan daun sirih, caranya yaitu ambil beberapa helai daun sirih, lalu 6 butir merica dan 1 sendok makan minyak. lalu tumbuk semua bahan tersebut sampai lembut, setelah itu gosokkan pada perut anda.

5. Meredakan Alergi
Bagi anda yang menderita alergi pasti sangat mengganggu aktivitas sehari-hari anda, maka dari itu anda dapat menggunakan daun sirih untuk meredakan alergi yang sedang anda alami, caranya yaitu dengan ambil 6 lembar daun sirih dan 1 potong jahe kuning lalu 1,5 sendok teh minyak kayu putih, kemudian campur semua bahan tadi, dan tumbuk hingga halus, setelah itu hasilnya dapat dipakai untuk digosokkan pada daerah kulit yang gatal.

6. Mengatasi Bronkitis
Jika anda mempunyai permasalahan dengan batuk bronkitis, anda bisa mencoba daun sirih untuk mengobatinya, untuk caranya yaitu ambil 5 - 7 helai daun sirih, kemudian bersihkan, lalu rebus dengan sepotong gula batu didalam 2 gelas air bersih, lalu tunggu hingga rebusannya tersisa 1 gelas saja, setelah itu minum secara rutin yaitu 3 kali sehari dengan takaran masing-masing sepertiga gelas.

7. Menghilangkan Bau Badan
Selain Daun Kemangi anda juga dapat menggunakan daun sirih untuk menghilangkan bau badan, caranya yaitu dengan ambil 5 helai daun sirih, lalu rebus dengn 2 gelas air, kemudian tunggu sampai tersisa 1 gelas saja, setelah itu minumlah secara rutin agar bau badan anda hilang.

8. Mengatasi Bisul
Apabila anda mempunyai masalah dengan bisul, anda dapat menggunakan daun sirih untuk untuk mengatasinya, Caranya cukup mudah yaitu hanya menumbuk daun sirih tua secukupnya, kemudian bubuhkan ke area tubuh anda yang terkena bisul, sebaiknya lilit dendan kain agar daun sirih tidak lepas.

9. Mengobati Luka Bakar
Jika anda sedang mengalami luka bakar, seperti terkena knalpot, Terkena minyak panas dan sebagainya maka anda dapat menggunakan daun sirih untuk mengobatinya, caranya yaitu dengan memeras daun sirih secukupnya, lalu tambahkan sedikit madu, kemudian bubuhkan pada daerah kulit yang terkena luka bakar, lakukan secara rutin agar luka bakar anda hilang.

10. Menghilangkan Jerawat
Manfaat Daun Sirih yang terakhir adalah mampu menghilangkan jerawat. Caranya yaitu ambil 7 -10 lembar daun sirih, kemudia cuci hingga bersih, lalu ditumbuk kasar, seduh dengan air panas, setelah itu gunakan air tadi untuk membasuh luka, lakukanlah cara ini secara rutin agar hasil yang maksimal.

Itulah informasi tentang Manfaat Daun Sirih yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat bagi kita semua..

3 Responses to "Beberapa Manfaat Daun Sirih Yang Cetar Membahana"

  1. manfaat banyak sekali daun sirih ini... tankz gan infonya

    ReplyDelete
  2. iya gan mengkonsumsi daun sirih memang bagus, terimakasih sudah berkunjung gan:)

    ReplyDelete
  3. Selain digunakan untuk nginang, manfaat untuk kesehatan banyak juga ternyata ...

    ReplyDelete

Terimakasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar

Powered by Blogger.

Entri Populer

wdcfawqafwef