Blog Kesehatan

Jurnalkesehatanku.blogspot.com

Manfaat Jahe Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Manfaat Jahe -  Tanaman jahe adalah sebuah tanaman herbal yang sudah sangat dipercaya oleh masyarakat khususnya adalah masyarakat Indonesia. Hal ini bisa terlihat pada olahan-olahan jahe yang dapat dinikmati sebagai minuman penghangat saat cuaca sedang dingin. Bahkan jahe telah banyak digunakan oleh prosdusen-produsen obat karena sangat bermanfaat bagi tubuh.

Manfaat Jahe
Manfaat Jahe

Jahe juga aman dikonsumsi tidak seperti obat-obatan kimia yang mempunyai efek samping dalam jangka waktu tertentu. Minuman yang berbahan dasar jahe yang paling digemari adalah wedang jahe,  yaitu minuman yang rasanya manis dan agak pedas, dihidangkan saat masih hangat yang sangat nikmat jika dinikmati pada saat udara dingin.

Manfaat Jahe Bagi Kesehatan

Kali ini saya akan memberikan sedikit informasi tentang Manfaat Jahe bagi kesehatan tubuh manusia, oke langsung saja kita simak ulasannya secara bersama-sama :

1. Menghangatkan Tubuh
Sifat jahe yang hangat dapat membantu kita untuk meningkatkan suhu tubuh saat cuaca dingin. Minuman mengandung jahe yang menjadi favorit adalah wedang jahe, memang sudah menjadi konsumsi yang wajib bagi penduduk yang tinggal di area pegunungan. Selain itu jahe mempunyai anti virus dan juga anti toksin dengan membantu untuk mempromosikan keringat yang dapat membantu menyembuhkan masuk angin dan juga batuk.

2. Mengatasi Masalah Pernafasan
Masalah pernafasan yang paling sering terjadi adalah batau atau pilek. Jahe juga termasuk pada jenis ekspektoran alami yang mempunyai fungsi dalam melegakan sistem pernafasan, dengan memecah dan juga menghilangkan lendir/dahak  dapat dengan mudah keluar dan memulihkan sistem pernafasan seperti biasanya.

3. Melancarkan Pencernaan
Mungkin awalnya kita berfikir hanya buah-buahan saja yang dapat berguna bagi masalah pencernaan, tetapi ternyata Manfaat Jahe juga dapat melancarkan pencernaan, jahe mampu untuk membantu kelancaran pembuangan sisa-sisa makanan . Jahe juga membantu penyerapan makanan dan dapat mencegah kemungkinan sakit perut, karena jahe mempunyai sifat yang dapat mengurangi perdangan.

4. Pencegah Kanker
Ternyata ekstrak jahe dapat menekan pertumbuhan beberapa sel kanker, seperti dapat mencegah penyebaran gejala kanker kulit, kanker ginjal, kanker paru-paru, dan juga kanker pankreas.

5. Meningkatkan Nafsu Makan
Mengkonsumsi olahan jahe sebelum makan dapat meningkatkan nafsu makan anda, caranya yaitu minumlah jus jeruk yang didalamnya sudah terisi irisan jahe sebelum dan sesudah makan.

6. Menghilangkan Ketombe
Sari jahe dapat digunakan sebagai bahan untuk pencuci rambut dengan alami untuk membantu mengurangi ketombe, ekstrak jahe ini dapat mencegah timbulnya masalah kerontokan pada rambut.

7. Mengatasi Kulit Berminyak
Bahan mineral yang alami pada jahe dapat dipercaya ampuh untuk mengurangi kulit yang cenderung berminyak, untuk cara penggunaannya sebagai berikut ;

  1. Siapkan bahan-bahannya yaitu, jahe parut, kayu manis, garam laut, dan pala bubuk
  2. Lalu haluskan dengan air, hingga berbentuk seperti pasta.
  3. Kemudia oleskan pada daerah wajah yang banyak mengeluarkan minyak
  4. setelah itu diamkan hingga kurang lebih 10 menit
  5. lalu bilas kulit menggunakan air dingin.
Itulah sedikit informasi tentang Manfaat Jahe bagi kesehatan yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat bagi kita semua

0 Response to "Manfaat Jahe Bagi Kesehatan Tubuh Manusia"

Post a Comment

Terimakasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar

Powered by Blogger.

Entri Populer

wdcfawqafwef